Minggu, 27 Maret 2011

BlackBerry Akan Pasang Android


Liputan6.com, Jakarta: Pembuat BlackBerry, Research in Motion (RIM) kabarnya akan mengumumkan strategi baru mereka untuk mendukung aplikasi yang dibuat untuk Android. Laporan tersebut dimuat dalam harian terbitan Inggris Telegraph.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan RIM sedang menyiapkan agar tablet Playbooknya kompatibel dengan 130 ribu aplikasi Google Android.

Pada kongres mobile dunia, pembuat peranti lunak Myriad memamerkan peranti lunak Alien Dalvik yang bisa membuat Android berjalan pada platform lain.

Aplikasi ShopSavvy dalam blognya menulis "Seseorang di markas RIM, Waterloo, Ontario, telah menjalankan Shopsavvy untuk android di berbagai peralatan BlackBerry."

Menurut ShopSavvy, BlackBerry 8300, 8600 dan 8520 dapat menggunakan ShopSavvy tahun ini. "Terobosan ini masuk akal karena BlackBerry OS dapat mendukung Java Virtual Machine dan cukup mudah memasukkan Android. Kami gembira jika dapat mengoptimalkan aplikasi ShopSavvy pada BlackBerry plus Android baru," demikian pernyataan ShopSavvy.

Meskipun BlackBerry menuai ulasan positif untuk tablet terbarunya Playbook 7, tapi kurangnya aplikasi yang tersedia dapat menghambat perkembangannya.

Playbook akan makin meramaikan pasar tablet. Apple akan mengumumkan iPad terbaru pada 2 Maret, dan Motorola telah meluncurkan tablet Xoom berbasis Google Android Honeycomb di Amerika Serikat. (ANT/MLA)



Sumber : Liputan6.com

Ojek Online, Mudah dan Aman


Liputan6.com, Jakarta: Berselancar di dunia maya kini sudah menjadi keseharian warga Ibu Kota. Tak heran bila berpromosi di internet kini juga menjadi hal biasa. Seperti yang dilakukan seorang tukang ojek di Jakarta. Arman sengaja menggunakan situs jejaring sosial untuk mengiklankan diri.

Menurut Arman, belum lama ini, cara seperti itu cukup efektif dan efisien. Arman menanti order dari para calon penumpangnya cukup dari rumah. Ia benar-benar memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menanti order.

Sejak dua tahun lalu ia mengiklankan layanan ojeknya di blog pribadi dan situs jejaring sosial. Menurut Arman media internet digunakannya karena mendatangkan banyak keuntungan. Mby Kusumo, salah satu penumpang, mengaku sudah hampir setahun menggunakan jasa Arman. "Saya pertama mengetahui Arman dari internet.(IAN)



Sumber : Liputan6.com

Dirilis, iPad 2 Berhiaskan Berlian


Liputan6.com, London: Apple iPad 2 yang diluncurkan beberapa waktu lalu kini dipoles dengan tampilan baru. iPad 2 "blink-blink" ini dibuat secara khusus oleh ahli perhiasan Inggris Stuart Hughes. iPad 2 yang bertahtakan berlian ini mulai dipasarkan pekan ini di London, Inggris. 

Gadget dengan berat berat 600 gram ini dilapisi emas 24 karat, serta berhiaskan 53 batu mulia yang berkilauan di logo Apple. Lebih menakjubkan lagi, bagian depan iPad 2 yang biasanya hanya berwarna hitam atau putih, kini terbuat dari batu khusus Ammolite, yang berusia jutaaan tahun. iPad mewah ini diperkuat dengan tulang paha dinosaurus T-rex. 

Tidak heran, iPad mewah ini dibanderol dnegan harga 5 juta poundsterling atau setara dengan Rp 70 miliar. Anda berminat? (newslite/YUS)



Sumber : Liputan6.com

Ini Dia "Lagu Terburuk Sepanjang Masa"


Liputan6.com, California: Benar-benar konyol. Rebecca Black, seorang murid sekolah di California justru menjadi sensasi di dunia maya usai mengunggah lagunya di YouTube. Saking buruknya, jutaan orang "memaksakan diri" mendengarkan lagu berjudul Friday ini hanya untuk mencelanya.

Kendati demikian, lagu yang menunjukkan gadis berusia 13 tahun ini berputar-putar dengan tidak nyaman ini telah membukukan sedikitnya 16 juta hits di situs YouTube. Rebecca bahkan mengalahkan gempa dan tsunami Jepang sebagai trending topics di mikroblog Twitter. "Saya sangat tersanjung. Begitu banyak orang-orang berbakat yang ternyata mengetahui lagu saya," kata Rebecca di akun Twitter-nya. 

"Kemarin Kamis, sekarang Jumat, besok Sabtu, dan Minggu datang setelahnya," demikian satu baris lirik dalam lagu tersebut. Saking hambarnya lirik lagu ini, majalah Timememberi label Friday sebagai "level baru bagi definisi buruk" sementara Yahoo mengatakan lagu Rebecca merupakan lagu terburuk sepanjang masa.

Kritik terhadap lagu ini memang tidak aneh. Pasalnya Rebecca sendiri bukanlah gadis dengan bakat musik luar biasa.Friday ditulis bagi Rebeeca oleh Ark Music Factory, sebuah firma yang menawarkan para orangtua kaya kesempatan untuk membuat anak mereka menjadi bintang pop dengan biaya 1.200 pound.  "Secara tidak sengaja, lagu ini justru membenarkan buruknya kualitas musik pop dunia saat ini," kata penulis majalah Rolling Stone, Matthew Perpetua.



Sumber : Liputan6.com

Ribuan Anak di Bawah Umur Pakai Facebook


Liputan6.com, California: Ada lebih dari 20 ribu anak di bawah umur 13 tahun menggunakan layanan situs jejaring sosial Facebook setiap harinya. Hal itulah yang membuat para orang tua geram. 

Sistem pengaman Facebook pun mendapatkan banyak kritik. Pasalnya, anak-anak dapat memalsukan umur mereka dan mendapatkan akses menggunakan situs jejaring sosial terbesar itu dengan mudah. Untuk itulah kepala penasihat privasi Mozelle Thompson mengadukan keresahan para orang tua pada Parlemen Australia. "Banyak anak yang berbohong dan memalsukan umur mereka," kata Thompson.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa setengah dari keseluruhan anak di AS menggunakan Facebook dengan memalsukan umur mereka. Menanggapi hasil penelitian tersebut, Senator Al Franken menuliskan sebuah surat yang berisi undangan kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Undangan tersebut tak lain untuk membicarakan perihal reformasi sistem privasi dari situs yang dikelolanya.

Facebook menjadi momok mengerikan karena ia telah menjadi tempat bagi banyak kasus kekerasan pada anak-anak. Pemikiran anak-anak yang mudah dipengaruhi tentunya akan menjadi target empuk para pedofilia yang kerap menggunakan situs sejenis untuk mencari mangsa.

"Berdasarkan kebijakan Facebook, sekitar 13 juta remaja berusia di bawah 18 tahun dengan mudah membagikan informasi layaknya pengguna dewasa. Pengguna yang masih di bawah umur ini akan menjadi sasaran dari berbagai predator yang siap mengancam kehidupan mereka. Yang paling mengerikan, anak-anak tersebut dapat secara tidak sengaja memberikan alamat rumah atau nomor telepon mereka kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Franken.



Sumber : Liputan6.com

8 Trik Ubah Senin Jadi Menyenangkan


KOMPAS.com - Apa pun yang Anda lakukan di akhir pekan kemarin, sepertinya hari Senin datang terlalu cepat. Masih ingin santai, tetapi tantangan hari Senin sudah di depan mata, dan mencoba memotivasi diri sepertinya akan lebih sulit dari biasanya. Berikut tips untuk Anda mengubah jargon "I Don't Like Monday" menjadi, "I Can Handle This Monday."

1. Mulai sejak Minggu malam

Di hari Minggu, mulailah susun tugas yang ingin Anda kerjakan. Ketimbang memulai minggu dengan perasaan betapa banyak pekerjaan yang harus Anda lakukan, curi start malam sebelum Senin untuk mengerjakan beberapa tugas, seperti membalas e-mail, menyiapkan agenda rapat, atau menyusun daftar belanja. Gunakan malam sebelumnya untuk mengorganisir segala keperluan di hari Senin atau bahkan hingga seminggu ke depan. Ini bisa memberi Anda perasaan kontrol. 

2. Aktivitas tenang di hari Minggu
Jika Anda tipe orang yang merasa Minggu malam terlalu cepat dan malas berkenaan dengan pekerjaan, maka menyusun jadwal bukan untuk Anda. Lebih baik, rencanakan hari Minggu yang menenangkan dengan aktivitas rendah, seperti bermain games bersama keluarga, menonton film bersama pasangan, atau makan malam bersama teman-teman. 

3. Bersihkan meja di hari Jumat
Buat ritual setiap akhir hari Jumat atau Sabtu untuk membersihkan meja kantor. Umumnya 2 jam terakhir di hari Jumat atau Sabtu adalah masa tak produktif. Ambil waktu itu untuk merapikan tempat kerja Anda. Satukan barang-barang prioritas di tumpukan rapi. Hilangkan barang-barang tak penting dari meja Anda. Supaya hari Senin Anda lebih segar dengan pandangan meja yang bersih, Anda pun bisa lebih fokus bekerja.

4. Mulai hari dengan olahraga
Entah itu dengan melompat-lompat di ruang keluarga, atau joging selama 30 menit, berolahraga adalah salah satu cara ampuh atasi rasa malas di hari Senin. Studi menunjukkan bahwa berolahraga bisa membantu produksi serotonin, salah satu zat kimia di otak yang melawan depresi. Tambahan lagi, olahraga kardio selama 30 menit juga cukup untuk membuka pori-pori, yang membuat kulit terlihat lebih bersinar. 

5. Sarapan sehat
Mengkonsumsi makanan tak sehat, seperti donat, atau lebih parah, tidak sarapan sama sekali bisa membuat mood berantakan dan lemas. Makanan bernutrisi, seperti omelet, oatmeal dengan kismis, atau smoothie yang diperkaya protein bisa membantu Anda berenergi sepanjang hari. 

6. Pakaian yang tepat
Mengenakan busana yang membuat Anda merasa menarik dan nyaman akan menolong banyak mood Anda. Tambahkan sedikit aksesori, dan Anda akan makin terlihat menarik. Pilih pakaian tersebut malam sebelumnya dan pastikan bebas kerut dan noda, Anda pun akan menghemat waktu di hari Senin. 

7. Buat rencana di Senin malam

Tahu bahwa Anda memiliki rencana menyenangkan di Senin malam akan membantu Anda lebih bersemangat jalani hari. Jika uang adalah masalah, bawa bekal dan janjian ketemu di kantin atau lokasi lain, atau janjian ketemu sahabat di dekat kantor. 

8. Minum teh hijau di snack sore

Minum secangkir teh panas bisa membantu menenangkan diri. Studi menunjukkan bahwa teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit. Jika tak suka teh hijau, teh herbal lainnya pun bisa jadi pilihan, apa pun yang Anda suka, asalkan tidak ada kafein, karena Anda harus mencari cara untuk relaksasi di sore hari Senin.



Sumber : Kompas.com

Modal Nintendo 3DS Cuma Rp 800 Ribuan?


Jakarta - Nintendo mulai memasarkan 3DS dengan harga sekitar USD 250. Namun menurut pengamat, ongkos produksi konsol genggam tersebut hanya menelan biaya USD 101 (sekitar Rp 880 ribu) tiap unitnya.

Terkadang mengetahui biaya pembuatan sebuah perangkat bisa jadi rujukan pengguna untuk menilai apa produk tersebut pantas atau terlalu mahal. Namun tentu saja, hal itu menjadi rahasia besar sebuah perusahaan yang enggan diungkap ke masyarakat.

Nah menurut pengamatan David Carey, VP of technical intelligence, UBM TechInsights. Setelah membedah isi dalam Nintendo 3DS, diperkirakan konsol game tersebut hanya menelan biaya sekitar USD 101 setiap unitnya, sedangkan Nintendo membanderolnya dengan kisaran harga USD 205.

Harga resmi yang ditentukan Nintendo pun sempat menjadi perdebatan di hari pertama peluncuran 3DS. Sejumlah pengamat menganggap terlalu mahal, dan sebagian mengatakan cukup adil mengingat teknologi yang ditawarkan. Demikian yang dikutip detikINET dari Tomsguide, Minggu (27/3/2011).

Bagaimana pendapat Anda, Apakah harga USD 250 (sekitar Rp 2,2 juta) terlalu mahal untuk sebuah konsol game genggam?



Sumber : Detik.com

OMG, LOL Masuk dalam Kamus Bahasa Inggris!

FYI, OMG, & LOL masuk dalam Kamus Oxford.

VIVAnews - Setelah istilah Googling (mencari lewat mesin telusur Google) masuk ke dalam kamus, beberapa istilah internet lain baru-baru ini secara resmi juga diakui Bahasa Inggris baku.
Kamus Bahasa Inggris Oxford (OED) telah memasukkan beberapa istilah internet seperti LOL (laugh out loud - tertawa terbahak-bahak) OMG (oh my God - oh Tuhan), dan FYI (for your information - sebagai informasi). 
Menurut OED, keputusan untuk memasukkan beberapa istilah singkatan ini karena singkatan-singkatan ini penting untuk diperhatikan, dan tidak bisa dipisahkan dengan bahasa komunikasi elektronik. 
"Tentu saja bahasa singkatan lebih cepat daripada bentuk lengkapnya. Dalam hal ini pesan SMS, Twitter, dan sebangsanya membantu seseorang untuk menyampaikan hal lebih efisien, di mana terdapat batasan jumlah karakter dalam sebuah pesan," tulis Oxford dalam laman resminya.
Ketiga istilah singkatan baru itu bergabung dengan istilah-istilah lain yang sebelumnya telah diakui, seperti IMHO (in my humble opinion - menurut opini saya), TMI (too much information - terlalu banyak informasi), dan BFF (best friend forever - sahabat selamanya).
Singkatan-singkatan baru ini juga menjadi bentuk lain dari ekspresi yang berhubungan dengan kemajuan teknologi. Namun para peneliti dari Oxford ternyata juga menemukan bahwa singkatan-singkatan baru itu, sudah ada sejak lama.
Misalnya saja, singkatan OMG yang telah muncul dalam bentuk surat sejak 1917, dengan arti dan makna yang sama. Sementara singkatan LOL sudah ada sejak tahun 1960-an namun dengan makna berbeda, yakni merupakan kependekan dari little old lady.

Sumber : Vivanews.com

Gadget Penyebab Orang Semakin Kurang Tidur



VIVAnews - Bila Anda ingin tidur pulas malam ini, sebaiknya jauhkan diri Anda dari pesawat TV dan laptop.
Sebab, sebuah penelitian mengatakan bahwa memainkan gadget atau menonton TV akan mengurangi waktu tidur seseorang.
Dari hasil riset yang dilakukan sebuah lembagaNational Sleep Foundation mengungkap bahwa 95 persen dari mereka bermain video games, menonton televisi, menggunakan komputer laptop, atau smartphone, sebelum tidur.
"Hal ini memperlihatkan bahwa layar LED saat ini menyita perhatian begitu banyak orang di saat-saat sebelum tidur," ujar Charles Czeisler, dari Harvard Medical School, seperti dikutip dari situs Discovery.
Padahal, menurut Czeisler, layar monitor atau ponsel bisa menyebabkan terhalangnya hormon melatonin, hormon yang mengeluarkan keinginan tidur bagi seseorang, dan membuat orang itu tetap terjaga.
"Invasi teknologi ini di tempat tidur, memberikan kontribusi terhadap tingginya jumlah responden yang secara rutin tidur lebih sedikit daripada yang mereka butuhkan," kata Czeisler. 
Jajak pendapat menunjukkan bahwa 43 persen dari orang yang berusia 13-64 tahun merasa jarang atau tidak pernah memiliki waktu yang cukup waktu tidur malam selama sepekan. Sementara orang-orang tua, lebih cenderung menonton TV, anak-anak muda biasanya lebih suka bermain komputer, smartphone, atau video game sebelum tidur.
"Selama 50 tahun terakhir, kita telah melihat bagaimana televisi menjadi tontonan sebelum tidur, kini kita melihat bagimana teknologi baru seperti laptop, ponsel, video games, dan perangkat musik secara cepat mengalami hal yang sama," kata Lauren Hale dari Stony Brook University Medical Center.
Namun, peneliti-peneliti khawatir penggunaan smartphone, komputer, dan konsol video game yang lebih menstimulasi pengguna, ketimbang sekadar menonton TV yang lebih pasif. Sehingga membuat anak-anak justru semakin sulit untuk tidur.
"Semakin tinggi tingkat penggunaan dari teknologi-teknologi ini di kalangan muda, semakin menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan fisik, perkembangan kognitif dan ukuran kesehatan lainnya," kata Hale.

Sumber : Vivanews.com

Gadget Penyebab Orang Semakin Kurang Tidur



VIVAnews - Bila Anda ingin tidur pulas malam ini, sebaiknya jauhkan diri Anda dari pesawat TV dan laptop.
Sebab, sebuah penelitian mengatakan bahwa memainkan gadget atau menonton TV akan mengurangi waktu tidur seseorang.
Dari hasil riset yang dilakukan sebuah lembagaNational Sleep Foundation mengungkap bahwa 95 persen dari mereka bermain video games, menonton televisi, menggunakan komputer laptop, atau smartphone, sebelum tidur.
"Hal ini memperlihatkan bahwa layar LED saat ini menyita perhatian begitu banyak orang di saat-saat sebelum tidur," ujar Charles Czeisler, dari Harvard Medical School, seperti dikutip dari situs Discovery.
Padahal, menurut Czeisler, layar monitor atau ponsel bisa menyebabkan terhalangnya hormon melatonin, hormon yang mengeluarkan keinginan tidur bagi seseorang, dan membuat orang itu tetap terjaga.
"Invasi teknologi ini di tempat tidur, memberikan kontribusi terhadap tingginya jumlah responden yang secara rutin tidur lebih sedikit daripada yang mereka butuhkan," kata Czeisler. 
Jajak pendapat menunjukkan bahwa 43 persen dari orang yang berusia 13-64 tahun merasa jarang atau tidak pernah memiliki waktu yang cukup waktu tidur malam selama sepekan. Sementara orang-orang tua, lebih cenderung menonton TV, anak-anak muda biasanya lebih suka bermain komputer, smartphone, atau video game sebelum tidur.
"Selama 50 tahun terakhir, kita telah melihat bagaimana televisi menjadi tontonan sebelum tidur, kini kita melihat bagimana teknologi baru seperti laptop, ponsel, video games, dan perangkat musik secara cepat mengalami hal yang sama," kata Lauren Hale dari Stony Brook University Medical Center.
Namun, peneliti-peneliti khawatir penggunaan smartphone, komputer, dan konsol video game yang lebih menstimulasi pengguna, ketimbang sekadar menonton TV yang lebih pasif. Sehingga membuat anak-anak justru semakin sulit untuk tidur.
"Semakin tinggi tingkat penggunaan dari teknologi-teknologi ini di kalangan muda, semakin menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan fisik, perkembangan kognitif dan ukuran kesehatan lainnya," kata Hale.

Sumber : Vivanews.com

Siswa SMA Raih 100.000 Dollar AS dari Intel


SANTA CLARA, KOMPAS.com - Ilmu pengetahuan memang patut diberi penghargaan tinggi. Seorang siswa SMA di Amerika Serikat (AS) berhak meraih hadiah 100.000 dollar AS setelah menjadi jawara Intel Science Talent Search (Intel STS) 2011.
Pemenang 100.000 dollar AS itu adalah Evan O'Dorney (17), dari Danville, California. Ia berhasil memukau juri karena dalam proyeknya membandingkan 2 cara untuk memperhitungkan square root of an integer (sqrt) dan menemukan mana cara tercepat memperoleh hasil. Bagi yang tidak paham matematika dan kalkulus memang membingungkan, namun persamaan semacam itu sangat penting dalam pemrograman komputer cerdas. Bahkan Evan menemukan formula untuk mengenkripsi dari rumus tersebut.
Intel STS adalah kontes tahunan paling bergengsi dalam bidang sains untuk siswa tingkat SLTA di AS. Sejak 1942, kontes ini pertama kali berkerja sama dengan perusahaan Westinghouse dan mulai tahun 1998 bekerja sama dengan Intel Corp. SSP memberikan kesempatan kepada para siswa SLTA yang berbakat dan cerdas untuk membuktikan dirinya dalam kompetisi dengan menyajikan riset yang original sehingga diakui oleh para ahli di dunia.
Tak hanya hadiah 100.000 dollar AS untuk juara pertama. Intel total menggelontorkan dana 1,25 juta dollar AS untuk 10 pemenang dan 30 finalis. Pemenang kedua yang menerima 75.000 dollar AS adalah Michelle Hackman (17) dari Great Neck, New York, dengan proyek mempelajari efek psikologis dari para remaja di AS jika mereka tidak menggunakan ponsel dan mempelajari tingkat kecemasannya. Michelle adalah siswa tuna netra, yang berhasil melatih 10 stafnya untuk membantu dia melakukan riset dan pendataannya.
Pemenang ketiga yang menerima 50.000 dollar AS, adalah Matius Miller (18), dari Elon, North Carolina, dengan proyek menemukan bahwa bejolan-benjolan kisi dari turbin angin dapat mempengaruhi aerodinamika dan benjolan ini dapat juga meningkatkan kemampuan listrik.
"Kreativitas dan kepemimpinan dari 40 finalis yang berbakat dalam bidang Matematika dan Sains sangat berpotensi besar sekali di masa depan bagi negara dan dunia," kata Intel Corp President dan CEO Paul Otellini saat penyerahan hadiah, Selasa (15/3/2011) di Washington.
Kontes tahun 2011 ini diikuti oleh 1.744 pelajar dari seluruh AS. Kita tunggu saja kelanjutannya semoga Intel juga mempertimbangkan untuk mengadakan acara yang hampir sama di Indonesia. 
Sumber : kompas.com

Titan, Komputer Tercepat di Dunia

Komputer super buatan AS ini diklaim memiliki kecepatan 20.000 triliun kalkulasi per detik





VIVAnews - Gelar komputer tercepat di dunia kembali ke direbut Amerika Serikat. Sebuah super komputer buatan Departemen Energi AS resmi terpilih menjadi komputer tercepat di dunia. Demikian dipaparkan peneliti asal PhysOrg.com, Kamis 24 Maret 2011.

Komputer itu bernama "Titan". Kemampuannya diperkirakan memiliki kecepatan 20.000 triliun perhitungan (kalkulasi) per detik, setara 20 petaflops per detik.

Kecepatan ini akhirnya menggeser super komputer buatan China, Tianhe-1A, yang sebelumnya berada di posisi puncak sejak November 2010. Ketika itu, komputer yang dibuat oleh Universitas Pertahanan Nasional China berhasil mencatat kecepatan setingkat 2,5 petaflops.

Titan, yang dikembangkan oleh Cray Computer, untuk pertama kalinya menjadi bagian dari jajaran komputer tercepat di dunia yang ada di fasilitas Oak Ridge National Laboratory, Tennessee.

Di fasilitas tersebut, laboratorium jajaran komputer tercepat di dunia akan disejajarkan dengan lab National Geographic, Gaea Atmospheric Administration, Kraken National Science Foundation, dan lab pengembangan Departemen Energi AS, Jaguar.

Ke depannya, Titan kemungkinan akan digunakan oleh Departemen Energi setempat untuk mengkalkulasi sistem energi kompleks dan memakan biaya pemerintah sebesar US$100 juta, setara Rp 870 miliar.

Tahap pertama komputasi menggunakan Titan ini diharapkan pada akhir tahun 2011. Tahap kedua menyusul di tahun berikutnya.



Sumber : Vivanews.com